Ini Dia Kandungan Nutrisi dan Kalori Jagung Rebus

Jagung rebus menjadi salah satu camilan yang sering dijumpai di pedagang kaki lima gerobak hingga pusat perbelanjaan. Jagung rebus yang selama ini kita kenal terbagi menjadi dua jenis, yakni jagung rebus yang dijual dalam bentuk utuh dan jagung rebus pipil.

Keduanya sama-sama enak dan memiliki rasa manis yang bikin menggugah selera. Jagung rebus di Indonesia sangat populer karena camilan ini terbilang cukup mengenyangkan.

Selain itu, jagung rebus juga kaya nutrisi di dalamnya sehingga Kamu sekeluarga bisa merasakan manfaat jagung rebus bagi kesehatan tubuh jika mengonsumsinya secara rutin.

Kandungan dalam Jagung Rebus

Kandungan nutrisi dalam jagung rebus ada banyak sekali. Beberapa di antaranya adalah:

1. Kaya Kandungan Serat

Jagung rebus sangat kaya kandungan serat di dalamnya sehingga setelah Kamu mengonsumsinya akan merasa kenyang lebih lama. Dalam jagung rebus terdapat kandungan serat yang tidak larut seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin.

Kandungan serat yang tinggi bisa membuat saluran pencernaan lebih lancar dan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Selain itu, Kamu yang sedang berdiet juga cocok mengonsumsi jagung rebus karena bisa membuat kenyang lebih lama.

2. Kandungan Karbohidrat Bisa Menggantikan Nasi

Jagung di beberapa negara menjadi makanan pokok bagi masyarakatnya, seperti di negara yang ada di Amerika Tengah dan Selatan. Dalam 100 gram jagung rebus mengandung karbohidrat sebanyak 21 gram.

Jumlah ini memang tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan kandungan karbohidrat pada nasi, tapi cukup untuk memberikan asupan karbohidrat .

Hal ini dikarenakan dalam jagung terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pokok yang mengenyangkan dan memberikan tenaga untuk Kamu beraktivitas seharian.

3. Asam Folatnya Sangat Bagus untuk Ibu Hamil

Dalam jagung rebus terdapat kandungan asam folat yang sangat bagus untuk ibu hamil. Kandungan asam folat diperlukan untuk perkembangan janin dalam kandungan karena bisa membentuk sistem sel, sistem saraf, dan tulang belakang.

Jika kekurangan asam folat, maka janin dalam kandungan bisa mengalami gangguan pertumbuhan. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat pada ibu hamil, Kamu cukup menyantap 1-2 buah jagung rebus setiap harinya.

4. Kandungan Vitamin B dapat Menjaga Sistem Saraf

Dalam jagung rebus juga mengandung vitamin B kompleks yang pastinya bisa menjaga kesehatan saraf. Jenis vitamin B yang terkandung dalam jagung rebus adalah vitamin B3, B5, B6, dan B9.

Menurut jurnal berjudul Corn Nutrition and Health Benefits, kandungan vitamin B kompleks pada jagung rebus bisa mengatasi rasa depresi, menghasilkan sel darah merah, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit Alzheimer, dan lain sebagainya.

Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, vitamin B kompleks pada jagung rebus bisa mengatasi rasa morning sickness dan mencegah anemia.

5. Antioksidannya Tinggi

Perlu Kamu ketahui kalau kandungan antioksidan dalam jagung rebus ini juga sangat tinggi. Kandungan antioksidan mampu mencegah terjadinya radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam jagung rebus bisa membantu melindungi mata dari kerusakan sel dan meningkatkan kesehatan mata.

Hal ini dikarenakan selain antioksidan ada juga kandungan zeaxanthin yang menjadi karotenoid yang bisa membantu menjaga kesehatan mata kita.

Selain kandungan-kandungan nutrisi yang ada di atas, jagung rebus juga mengandung kalori di dalamnya. Kalori jagung rebus per 100 gram memiliki kandungan sekitar 35 kalori saja.

Jumlah kalori jagung rebus ini lebih rendah sebenarnya jika dibandingkan dengan kalori nasi putih yang per 100 gram bisa mengandung sekitar 130 kalori. Lalu, apabila dibandingkan dengan jagung bakar, menurut Kamu sebenarnya kalori jagung rebus ini lebih tinggi atau lebih rendah?

Setelah Kamu sudah tahu informasi mengenai kalori jagung rebus dan kandungan-kandungan yang ada di dalamnya. Untuk mendapatkan jagung tersebut dengan kualitas terbaik dan segar, selalu pastikan kamu membelinya di TaniHub. Platform belanja buah dan sayur online terbaik yang menghubungkan langsung petani dengan pelangganya.

Selain jagung, kamu juga dapat membeli aneka produk kebutuhan sehari – hari di sini seperti aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Comment