Apa Saja Perbedaan HPL Dan Duco Untuk Kebutuhan Finishing Kitchen Set?

Untuk membuat dapur di rumah tetap rapi kini semakin banyak orang yang menggunakan kitchen set. Penggunaan kitchen set sendiri, menjadikan dapur tampak lebih tertata dan juga elegan baik dapur dengan ukuran yang sempit maupun yang luas. Kitchen set tentu saja memiliki yang namanya proses finishing di mana saat ini populer jenis finishing dengan metode HPL dan Duco. Sebelum memilih finishing kitchen set, sebaiknya Anda terlebih dahulu tahu perbedaan HPL dan Duco. Ini agar bisa mendapatkan finishing kitchen set yang sesuai dengan kondisi rumah dan kebutuhan.

Perbedaan Finishing HPL dan Duco

Berikut ini akan dijelaskan perbedaan HPL danĀ  Duco.

1. Finishing Dengan HPL

Perlu diketahui HPL sendiri memiliki singkatan high pressure laminate. Proses ini dianggap cukup menguntungkan karena dapat menghemat waktu saat finishing kitchen set dan tekniknya memakai sistem pelapisan dengan bahan pelapis dari komposit plastik. Namun meski terbilang waktu yang dibutuhkan singkat, pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi.

HPL menggunakan material PVC yang diproses dengan tekanan tinggi. Lapisan materialnya sendiri menjadi padat dan membuat awet pada saat proses pembuatan. Material ini tahan terhadap goresan karena terlindungi lapisan overlay untuk menjaga bagian bawah lapisannya. HPL juga tahan air karena tidak punya pori-pori.

  • Kelebihan HPL : HPL sendiri memiliki kelebihan yaitu biaya pemasangannya yang relatif murah dan cepat tanpa memerlukan jasa tukang yang berkeahlian khusus. Material yang digunakan homogen dan tidak belang-belang serta terdapat banyak pilihan motif mulai dari warna solid hingga tekstur kayu bahkan ada juga pilihan batu alam dan marmer. Pengerjaan butuh ketelitian tinggi sehingga hasil dari finishing kitchen set tidak berantakan serta lebih bersih.
  • Kekurangan HPL : menggunakan HPL tidak bisa dipasang pada permukaan dengan ukuran lengkungan yang kecil. HPL juga kurang fleksibel karena ketika patah maka membutuhkan biaya yang lebih tinggi serta tampilannya tidak semewah cat Duco.

2. Finishing Dengan Duco

Duco merupakan jenis cat yang dibuat dari material cat pernis dengan bahan dasar minyak yang pengaplikasiannya dengan cara disemprot. Finishing kitchen set jenis ini membutuhkan tenaga ahli dan proses yang dilalui juga cukup banyak.

Sebelum dilakukan penyemprotan permukaan akan dicat harus didempul terlebih dahulu agar pori-pori kayu bisa tertutupi dan lebih halus. Kemudian lapisan dempul harus diamplas lagi baru bisa disemprot dengan Duco dan diberi coating berkilau. Maka dari itu tidak heran finishing Duco lebih terlihat mewah jika dibanding finishing HPL.

  • Keunggulan Cat Duco : cat ini cukup fleksibel untuk permukaan kayu yang rata ataupun melengkung. Anda juga bisa memilih coating berkilau namun terdapat pilihan lain yaitu counting satin atau tampilan matte. Ada banyak pilihan warna cat dan baunya tidak menyengat serta aman.
  • Kekurangan Cat Duco : Anda perlu tahu bahwa menggunakan jenis cat Duco biaya pengerjaannya relatif lebih mahal dan juga lama karena tidak bisa dilakukan dalam sekali pengerjaan.

Itu tadi perbedaan HPL dan Duco untuk kebutuhan finishing kitchen set. Anda yang membutuhkan pengerjaan kitchen set dengan tenaga ahli maka bisa memilihnya langsung dari platform Sejasa. Sejasa sebagai penyedia jasa profesional, akan membantu untuk menemukan jasa-jasa terbaik tidak hanya jasa pertukangan tapi juga jasa bangunan.

Anda yang ingin melakukan renovasi rumah juga wajib memilih penyedia jasa renovasi dari Sejasa. Dapatkan informasi lebih lengkap dengan mengunjungi Sejasa lewat aplikasi maupun website resmi.

Leave a Comment